Sabtu, 25 Desember 2010

Aksi Komunitas Bartender Samarinda Latihan Juggling



SAMARINDA-Apabila anda pernah minum di Bar, Pub Lounge atau tempat tempat sejenis lainnya, barangkali kenal dengan bartendernya. Bartender adalah orang yang menyiapkan sajian minuman pesanan pengunjung. Selain sekedar meracik dan menyajikan minuman, para bartender ini kerap melakukan juggling.
Di Samarinda sendiri ada sebuah komunitas para bartender yang terkumpul dari berbagai Cub di Samarinda. Komunitas bartender ini secara rutin menggelar latihan bareng dan transfer ilmu kepada sesama propesi dan para Mahasiswa.
Juggling bartender adalah melempar botol dan shaker secara bersamaan dan memutarnya berulangkali tanpa jatuh. Aksi ini biasanya dilakukan dihadapan para pengunjung di bar, pub atau tempat tempat minum lainnya.
Keahlian juggling seperti ini tidak datang dengan sendirinya, tapi butuh latihan keras dan kehati-hatian. Jika tidak, maka botol bisa jatuh dan pecah, serta minuman akan tumpah.
Untuk latihan, botol kaca bisa diganti dengan kayu yang dibentuk menyerupai botol, dengan bobot yang hampir sama dengan botol yang berisi minuman.
Di Samarinda, latihan para bartender ini bisa ditonton orang banyak di samping lapangan basket Tepian Mahakam Jl RE Martadinata.
Mereka yang berkecimpung di dunia bartender, ternyata memiliki pengetahuan yang luas baik secara teori maupun praktek. Inilah yang memicu terbentuknya Mahakam Bartender Club (MBC) di Samarinda.
Komunitas yang resmi berdiri pada 10 November 2010 ini, tidak sekedar berbagi ilmu dalam meracik minuman. Namun juga memiliki pengetahuan mengenai semua yang berhubungan dengan bartender termasuk memberikan keterampilan yang menghibur saat meracik minuman.
"Di sisi lain, khususnya juggling, dapat menjadikan seni budaya modern yang berkembang di Samarinda. Sementara seni budaya ini di luar daerah bahkan internasional sudah ramai, makanya untuk di Samarinda mulai kami perkenalkan," kata Ketua MBC Samarinda, Endy Andrianto bartender nasional, alias Kriwul.
Untuk itu dibutuhkan latihan menggunakan media botol kaca mika (bottle flair) yang dibentuk sama persis dengan bobot yang juga hampir sama dengan botol berisi minuman. Latihan itu digelar rutin setiap Minggu sore di Tepian Mahakam Jl RE Martadinata.
"Melalui latihan juggling, sekaligus melatih otak kiri dan otak kanan serta besinergi antara mata, dengan kedua tangan. Selain hiburan, juggling juga termasuk olahraga," kata pria yang belum lama ini terpilih dalam seleksi 5 perwakilan Kalimantan untuk Vibe Mixology Bartender Competition 2010 di Jakarta.
Menurut Meky Salah satu anggota komunitas MBC ini mengatakan, komunitas ini beranggotakan 23 orang, namun tidak semuanya berprofesi sebagai bartender.
"Dua orang malah masih berstatus mahasiswa pariwisata” ujar wanita yang juga sebagai bartender Mitra.
Dengan mempertontonkan keahlian seperti ini, para bartender ingin profesi mereka mendapat kesan yang lebih baik sebagai penghibur, ketimbang cuma sekedar peracik minuman beralkohol. Bagi anda yang mungkin tertarik untuk aksi juggling seperti ini bisa bergabung dengan komunitas batender MBC Kota Samarinda.
"Siapa saja yang tertarik dengan dunia bartender dapat bergabung dengan komunitas ini. Sampai saat ini, meski terbilang baru berdiri anggotanya memang rata-rata sudah memiliki pengalaman dalam dunia bartender, namun hal itu tidak menutup kemungkinan bagi yang belum bisa untuk bergabung di komunitas ini," katanya.

Tidak ada komentar: