Jumat, 21 Januari 2011

Bartender Indonesia "Go International"


JAKARTA, KOMPAS.com - Harli dari Loewe keluar sebagai satu dari tiga wakil dari Indonesia untuk bertanding di ajang pertandingan bartender bertajuk World Class 2011 tingkat regional. Ia akan bertanding melawan dua rekannya dari Indonesia dan peserta lain dari Singapura dan Malaysia. Jika lolos, ia berksempatan tampil di tingkat internasional.

Di tingkat Indonesia, Harli berhasil menyingkirkan 9 peserta dari empat bar lainnya. Hasil karya Dry Martini serta penampilannya saat meracik minuman di Portico Senayan City Jakarta, Senin (10/1/2011) mampu meyakinkan juri.

Ajang di Portico menampilkan tantangan pertama yaitu membuat cocktail menggunakan Tanqueray No. TEN. Total ada tiga tantangan, yaitu Ketel One Vodka dan Johnnie Walker Gold Label. Dari masing-masing tantangan akan menghasilkan pemenang yang akan dikirim ke World Class 2011 tingkat regional.

"Sebelumnya para peserta telah terlebih dahulu mengikuti program dan meningkatkan kemampuan meracik, kecepatan, dan mengasah kreativitas," kata Hemanth Jayaraman dari DDB Indonesia.

DDB ditunjuk Diaego untuk melakukan layanan bagi merek-merek terkenal Diageo di Indonesia. Para peserta mengikuti pelatihan dari brand ambassador World Class pada akhir Desember lalu.

Segi penilaian adalah kemampuan bartender dalam menyajikan teknik terbaik dan mencoba beragam rasa dan teknik terbaru. Hal ini dapat dinilai dari tantangan yang diberikan untuk mendemonstrasikan pengetahuan, akurasi racikan, kecepatan, layanan, dan kreatifitas dalam meracik merek-merek yang dipegang Diageo Reserve yaitu Tanqueray No. TEN, Ketel One Vodka, dan Johnnie Walker Gold Label.

Tantangan berikutnya yaitu Ketel One Vodka akan diselenggarakan bulan Maret mendatang. Sedangkan pertandingan World Class 2011 tingkat regional akan diadakan bulan Juni di Kuala Lumpur, Malaysia. Sementara perhelatan tingkat global akan berlangsung di bulan Juli. Sampai saat ini tempat belum ditentukan namun dapat dipastikan akan bertempat di wilayah Asia. Pada kompetisi tingkat dunia akan tampil 9.000 bartender dari 35 negara.di kitip dr KOMPAS.com

Tidak ada komentar: